Tuesday, February 4, 2020

TIPS DAN TRIK SUKSES UNBK BAHASA INGGRIS SMP 2020

Kali ini penulis akan sharing tips dan trik dalam menghadapi UNBK 2020. Yang perlu diperhatikan pertama tentu saja memahami kisi-kisi UN 2020 dan mencermati butir-butir soal UN 2 tahun terakhir.  Dalam Kisi-kisi UNBK 2020 kalau kita cermati tidak berbeda dengan tahun sebelumnya. Terdapat ruang lingkup materi yang berisi ;
  • 8 Tipe soal tentang fungsi sosial
  • 7 Tipe soal tentang struktur teks
  • 4 dari 14 tipe soal dari unsur kebahasaan
Beberapa Tips berikut ini sangat berguna dalam menghadapi soal UNBK

  • Tandai kata kunci pada soal
  • Setiap jenis soal memiliki karakter berbeda sesuai kata kunci, sehingga TIPS tiap jenis soal berbeda
  • Baca teks dengan cermat, cari bagian yang sesuai dengan kata kunci (SUPPORTING IDEA)
  • Jangan berhenti dan berkonsentrasi pada kata yang sulit/ tidak tahu artinya, tetapi berlatih terus untuk “FOKUS PADA KATA YANG DIKENAL
Soal tentang TOPIC
  • Kata Kunci : Topic, About, Information of, Inform, Best Title, Highlight
  • Tips :
  1. Jika teksnya panjang, temukan hal yang paling banyak dibicarakandalam teks
  2. Jawaban (opsi) yang dipilih harus ada di semua paragraph/ bagian teks
  3. Jika teksnya pendek, perhatikan kalimat atau bagian awal teks
  4. Selalu fokus pada kata yang dikenal

Soal tentang TUJUAN
  • Kata Kunci : Purpose, Intention, Written/ Write to … , Aim, Goal, Objective
  • Tips :
  1. Tentukan jenis teks
  2. Tentukan topik teks
  3. Pastikan membaca dengn cermat opsi/ jawaban yang dipilih (bukan hanya kata terdepan)
  4. Pastikan ada supporting idea/ kalimat pendukung jawaban pada teks.
Soal tentang LATAR BELAKANG/ ALASAN

  • Kata Kunci : Why the writer write …, Why the writer send …, Why the text is published?, Why the text is issued?
  • Tips :
  1. Tentukan jenis teks
  2. Tentukan topic teks
  3. Alasan penulis menulis atau teks ditulis sangat terkait dengan tujuan/ tema teks.

Soal tentang AKIBAT/ DAMPAK/ MANFAAT

  • Kata Kunci : … do after reading…, What students do in regard to… .
  • Tips :
  1. Tentukan jenis teks
  2. Tentukan tujuan teks
  3. Dampak dari membaca teks sangat terkait dengan tujuan teks tersebut ditulis

Soal Tentang NILAI YANG DIUSUNG/MORAL VALUE

  • Kata kunci : What can we learn…, The story teaches us …, From the text we can infer … .
  • Tips:
  1. Temukan tokoh pada cerita (protagonist & antagonis)
  2. Temukan sifat tokoh tersebut
  3. Perhatikan yang terjadi di akhir cerita pada tokoh utama

Soal Tentang PERAN PEMBACA

  • Kata kunci : The text is addressed to …, Who is probably interested in reading the text?
  • Tips:
  1.  Tentukan jenis & topik teks
  2.  Tentukan tujuan teks
  3.  Siapa sasaran pembaca sangat terkait dengan topic & tujuan teks tersebut ditulis

Soal Tentang PERAN PENULIS

  • Kata kunci : The text is likely written by … , Who is probably the writer of the text?
  • Tips:
  1. Tentukan jenis & topik teks
  2. Tentukan tujuan teks
  3. Siapa penulis teks sangat terkait dengan topic & tujuan teks tersebut ditulis

Soal Tentang KONTEKS PENGGUNAAN

  • Kata kunci : “…found in…; Where do we usually find the text?, The text is commonly found in …; What is the relationship between the writer and the reader?; What time is the text probably written?
  • Tips:
  1.  Tandai kata kunci pada soal.
  2.  Temukan kalimat pendukung/ supporting idea pada teks.

Soal Tentang IDE UTAMA

  • Kata kunci: “main idea, mainly discussed, first, second, third, fourth, last paragraph, ”
  • Tips:
  1. Perhatikan kalimat pertama pada paragraph yang ditanyakan ( jika ada opsi yang sama boleh dipilih: key answer)
  2. Jika kalimat pertama tidak ada pada opsi, maka cari hal yang paling banyak dibicarakan (topic)

Soal Tentang PERSAMAN KATA

  • Kata kunci: “… same meaning as, can be best replaced, closest in meaning, similar meaning …”
  • Tips:
  1. Tandai kata yang ditanyakan
  2. Temukan kata tersebut pada teks
  3. Cermati minimal satu kalimat lengkap di mana ada kata tersebut (fokus pada kata yang dikenal untuk menemukan konteks)
  4. Pastikan kata yang dipilih sesuai dengan konteks kalimat

Soal Tentang RUJUKAN KATA

  • Kata kunci: “…refer to…”
  • Tips:
  1. Tandai kata ganti yang ditanyakan (he, she, it, we,you,they, here, there, etc)
  2. Temukan kata ganti tersebut pada teks
  3. Cermati minimal satu kalimat lengkap di mana ada kata tersebut (fokus pada kata yang dikenal) untuk menemukan konteks kalimat sehingga kata ganti yang dimaksud dapat ditentukan

Soal Tentang KATA SAMBUNG

  • Kata kunci: - ditandai dengan dua kalimat dengan kata sambung yang dirumpangkan
  • Tips:
  1. Temukan kalimat yang sama pada soal di dalam teks
  2. Cermati makna kalimat yang dimaksud pada teks
  3. Pastikan kata sambung yang dipilih sesuai dengan konteks teks

Sekarang mari berlatih mengerjakan latihan soal berikut ini

5 comments: