Saturday, April 6, 2019

Menangkap Makna Sebuah Lagu

Menutup chapter di tahun pertama belajar bahasa Inggris dengan Lagu merupakan sebuah kesenangan untuk saya sendiri dan anak anak didik.
Ada beberapa genre lagu mulai dari pop hingga dangdut, semua telah disuguhkan  oleh musisi amatir hingga artis kelas papan atas.
Menurut Imam Santoso, seorang musisi explorer dalam quora.com menyatakan ada dua jenis lagu. Lagu yang tidak ada lirik dan lagu yang ada liriknya. Lirik sendiri pun ada tiga jenis; lirik yang straight forward (langsung ke tujuan), lirik yang mengandung metafora atau kiasan, dan lirik yang seolah olah straight forward tetapi mengandung makna tersembunyi.

Hal ini menjadikan banyak pertimbangan dalam memberikan tugas kepada siswa berkaitan dengan materi terakhir di kelas tujuh.
Satu hal yang tidak boleh terlewat adalah makna dari pendidikan bahasa itu sendiri. Memberikan kesempatan siswa berekspresi sekreatif mungkin dalam jalur yang baik dan benar, tidak menyimpang apalagi menimbulkan masalah.
Melalui lagu, mereka dapat melihat budaya lain dan bukan hanya sekedar meniru, tetapi lebih dapat memfilter informasi yang masuk. Menjadikan mereka generasi yang peka dan tidak sekedar ikut ikutan.

Dalam menangkap makna sebuah lagu, ada dua metode menurut wikihow.com; memahami setiap lirik lagu dan memahami keseluruhan lagu.
Secara sederhana, menangkap makna lagu dapat dilakukan dengan cara mengartikan setiap liriknya sesuai dengan konteks lagu yang ada setelah kita mendengarkan atau membaca keseluruhan lagu.
Lirik yang bagus, terdapat deskripsi nyata akan sesuatu yang disampaikan, jadi tidak akan susah untuk menangkap maknanya. Jika kita menilik lebih dalam tentang makna sebuah lagu secara menyeluruh, kita akan dihadapkan banyak hal seperti latar belakang budaya dan juga sejarah tentang penulis maupun artis yang menyanyikan lagu tersebut dilihat dari rentetan albumnya.

Kegiatan ini pastinya akan sangat mengasyikkan untuk dilakukan. Namun untuk siswa kelas 7 cukup dengan latihan pemilihan lagu yang sederhana sehingga mudah untuk dipahami.

Agar anak bisa memenuhi indikator dalam Kompetensi dasar (KD. 3.8 dan 4.8) maka beberapa batasan dalam pemilihan untuk pemenuhan tugas akhir chapter inipun saya berlakukan. Pastinya dengan terlebih dahulu saya berikan beberapa contoh lagu selain yang telah ada di buku siswa.

Adapun batasan batasan tersebut sebagai berikut:
1. Tugas dikerjakan secara individu atau berkelompok.
2. Memilih lagu sederhana dengan lirik yang baik, tidak mengandung SARA dan SARU.
3. Menyampaikan alasan memilih lagu tersebut.
4. Menyanyikan penggalan lagu.
5. Menemukan pesan moral dari lagu yang dipilih.
Dalam pemanfaatan teknologi sekarang ini, siswa akan membuat video mereka, kemudian mengaploadnya ke akun you tube mereka masing masing.

Sebagai latihan, perhatikan contoh video berikut ini 




1 comment:

  1. I like this post. It contains good videos from your students in SMP 1 Batang.

    ReplyDelete