Monday, April 2, 2018

Short Message



Jenis teks dalam bentuk pesan singkat umumnya kita tulis ketika ingin menyampaikan sesuatu kepada orang lain. Contoh bentuk pesan ini adalah SMS atau catatan pendek yand kita letakkan pada kulkas, dinding, atau papan tulis terkait dengan berbagai aktifitas atau kejadian. Berbagai ketarampilan membaca bisa ditanyakan melalui teks jenis ini.
Short Message (pesan pendek) adalah salah satu bentuk komunikasi tidak langsung yang disampaikan secara tertulis menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas dengan tetap memperhatikan sopan santun dan etika.
Yang akan kita bahas kali ini diantaranya adalah memo, sms, dan greeting card


a. Memo

adalah pesan singkat yang ditulis seseorang dengan singkat, jelas, dan mudah untuk dipahami. Berdasarkan pemakaiannya, memo terbagi menjadi memo resmi dan memo pribadi (tidak resmi). Memo yang bersifat resmi dipakai sebagai surat pernyataan dalam hubungan resmi dari seorang pemimpin kepada bawahannya. Sementara itu, memo yang bersifat pribadi dipakai antara teman, saudara, atau orang lain yang memiliki hubungan dekat.

Perhatikan  contoh memo berikut ini
  • memo resmi


  • memo tidak resmi


       

b. SMS
 SMS (Short Message Service) adalah layanan pesan pendek yang dapat dikirim dan diterima dengan media telepon genggam.  SMS dibatasi dengan jumlah karakter maksimal yang dapat difasilitasi oleh perangkat telepon genggam yang kita miliki.  SMS memiliki tujuan yang sama dengan memo,yaitu sebagai alat komunikasi. Namun biasanya lebih bersifat pribadi dibanding memo,  atau pesan singkat lainnya

Berikut merupakan contoh dari SMS
c. Greeting Card

Greeting Card atau kartu ucapan adalah kartu yang diberikan kepada seseorang untuk mengungkapkan perasaan dan perhatian pada peristiwa-peristiwa khusus, seperti ulang tahun, kelahiran bayi, tahun baru, kelulusan, kesuksesan, selamat (keberuntungan),  dan sebagainya. Beberapa contoh greeting card adalah sebagi berikut :




No comments:

Post a Comment